Tentang tanaman jenis Philodendron

philodendron di The Lou House Garden

Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tengah populer di tengah pandemi. Tanaman ini digemari lantaran memiliki daun yang menarik, dengan beragam jenis daun dan warna. … Selain itu, tanaman hias ini pun cukup mudah dirawat.

Cara pemeliharaan philodendron tidak rumit. Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang tahan panas, dan tahan ternaung. Jadi ia bisa ditanam di mana saja. Di taman maupun di teras, sebagai tanaman indoor.

daun baru Monstera Deliciosa

Philodendron adalah tanaman yang memiliki fungsi sebagai elemen pembentuk taman rumah juga membersihkan udara. Saat ini terdapat lebih dari 500 spesies tanaman philodendron di seluruh dunia. Tanaman asal hutan tropis Amerika Selatan ini sangat mudah dirawat, asalkan ditanam di media gembur dan tidak padat juga diletakkan di tempat teduh.

Philodendron Violin

Bentuk daunnya juga bermacam-macam, ada yang lonjong berujung lancip, bentuk hati atau jantung, mirip gergaji atau daun pepaya. Keindahan tanaman philodendron juga terlihat dari bentuk dan warna batang yang beragam. Bentuk batang umumya bulat, diameter bervariasi (tergantung umur tanaman). Warna batangnya akan berbeda tiap tingkat pertumbuhan. Warna dan daunnyapun indah bentuknya unik.

Cara pemeliharaan philodendron tidak rumit. Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang bisa beradaptasi dengan panasnya matahari, dan tahan ternaung. Jadi ia bisa ditanam di mana saja. Di taman maupun di teras, sebagai tanaman indoor. Tanaman ini juga mudah diperbanyak. Yaitu dengan jalan split anakan dan metode bonggol, atau water propagation. Pertumbuhan philodendron tergolong cepat. Lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis anthurium.

florida ghost dan Philodendron squeiforum (Kuku Bima)
Monstera merupakan keluarga philodendron

Ada yang berwarna hijau pada usia muda dan agak keabu-abuan pada umur dewasa, ada juga yang hijau tua pada usia muda dan hijau kemerahan pada saat dewasa. Ada jenis Philodendron yang berwarna belang yang dewasa ini mulai banyak diminati oleh par penimat tanaman, pehobi atau kolektor yaitu Philodendron variegata. Harganya cukup fantastis, tinggi tanaman 60 cm saja dapat mencapai Rp. 8.5 juta atau malah lebih sekarang. Daunnya menarik dengan perpaduan empat warna yaitu hijau, kuning muda, merah dan putih. (loubelle 2020)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s