Bottlesmoker akan Menggelar Plantasia, Konser dengan Penonton Tanaman

Protokol Kesehatan LouBellespace akses

Setelah konser di Chiangmai, Thailand, tahun ini Bottlesmoker akan menggelar konser diBandung. Namun konser yang diberi nama Plantasia ini merupakan konser dengan penonton tanaman. Konser Plantasia merupakan pertunjukan musik dari Bottlesmoker yang ditujukan hanya untuk tanaman. Angkuy dan Nobie akan mempraktikan hasil penelitian tentang pengaruh musik untuk tanaman. Bottlesmoker akan mengadaptasi pola musik yang bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman, kesuburan, warna daun, sel dan lain sebagainya. Konsep pertunjukan ini merupakan bagian dari program eksperiment Bottlesmoker, di mana sebelumnya sering melakukan pertunjukan yang tidak biasa. Seperti sound bath, sound healing, ecstatic dance hingga Plantasia yang akan digelar tanggal 25 Juli 2020.

Bekerjasama dengan Lou Belle Space, sebagai ruang kreatif di Bandung, Bottlesmoker akan membuat komposisi khusus yang bisa berpengaruh terhadap tanaman. Hasil penelitian dari beberapa peneliti tentang pengaruh musik untuk tanaman ini akan dimain kansecara live. Komposisi musik seperti musik natural, musik klasik, elemen string, pola repetitive, hingga frekuensi suara tertentu untuk meningkatkan kesuburan tanaman. Konser Plantasia mengikuti protokol pencegahan Covid-19, oleh karena itu pemilik tanaman tidak bisa ikut menonton konser. Pemilik hanya bisa menitipkan tanamannya dan bisa mengakses video streaming secara private. Sehingga pemilik tetap bisa mengawasi tanamannya selama konser.

Konser Plantasia hanya bersifat offline, karena tanaman akan menangkap getaran dari musik secara langsung. Konser ini tidak dipertunjukan secara online untuk publik. Jika tanaman kamu ingin ikut berpartisipasi di konser ini, segera menghubungi Bottlesmoker karena peserta tanamannya terbatas. Sejauh ini, Bottlesmoker hanya membatasi jenis
tanaman rumahan saja.

“Sebelumnya kami sudah eksplorasi pada tumbuh-tumbuhan sebagai sumber bunyi, di Konser Plantasia ini kami ingin memberikan timbal balik kepada tumbuh-tumbuhan khususnya tanaman dengan menyajikan konser musik yang bisa membuat mereka bahagia” tutur Angkuy. “Tanaman memiliki sensitivitas yang tinggi juga, ia bisa merespon banyak hal termasuk musik. Konser Plantasia ini menjadi bagian dari program Bottlesmoker untuk terus eksplorasi pada musik di lingkungan sekitar” tutur Nobie. (Bottlesmoker 2020)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s